TELAAH DAN
PENGEMBANGAN KURIKULUM
PENDIDIKAN IPA
KALENDER PENDIDIKAN, WAKTU
EFEKTIF, PROTA, DAN PROMES
OLEH KELOMPOK 3:
- SEPTI ARIYANI NIM.1513071030
- KOMANG EDI SUASTRAWAN NIM.1513071038
- COKORDA ISTRI MAS KUMALA DEWI NIM.1513071034
KELAS 4B
JURUSAN PENDIDIKAN IPA
FAKULTAS MATEMATIKA
DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PENDIDIKAN
GANESHA
TAHUN 2017
KALENDER PENDIDIKAN,
WAKTU EFEKTIF, PROTA, DAN PROMES
1.1 Kalender Pendidikan (Kaldik)
Kalender pendidikan
adalah suatu pengaturan waktu dalam kegiatan pembelajaran peserta didik dalam rentang waktu 1 (satu) tahun ajaran yang
mencakup antara lain permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, dan hari
libur. Kurikulum suatu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang di
selenggarakan dengan mengikuti kalender
pendidikan setiap tahun pelajaran.
Komponen-komponen yang terdapat pada kalender pendidikan
yaitu sebagai berikut:
- Permulaan tahun ajaran, merupakan
waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada tiap awal tahun pelajaran pada
tiap satuan pendidikan.
- Minggu
efektif belajar, yaitu jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap
tahun pembelajaran.
- Waktu Pembelajaran Efektif
Waktu pembelajaran efektif adalah
jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk
seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk
kegiatan pengembangan diri
- Hari libur ialah waktu yang
telah ditentukan untuk tidak diadakannya kegiatan belajar mengajar (KBM)
dan telah tertera/ dijadwalkan di dalam kalender pendidikan. Hari-hari libur tersebut bisa berupa
libur jeda semester, libur jeda antar semester, libur hari besar
keagamaan, libur hari besar nasional, libur akhir tahun pelajaran dan juga
libur hari khusus.
Alokasi waktu di dalam
kalender pendidikan disajikan pada tabel berikut :
Tabel 1. Alokasi Waktu Pada Kalender Pendidikan
No
|
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Keterangan
|
1
|
Minggu
efektif belajar
|
Minimum
34 minggu dan maksimum 38 minggu
|
Digunakan
untuk kegiatan pembelajaran efektif pada setiap satuan pendidikan
|
2
|
Jeda
tengah semester
|
Maksimum
dua minggu
|
Satu
minggu setiap semester
|
3
|
Jeda
antarsemester
|
Maksimum
dua minggu
|
Antara
semester satu dan dua
|
4
|
Libur
akhir tahun pelajaran
|
Maksimum
tiga minggu
|
Digunakan
untuk penyiapan kegiatan dan admisistrasi akhir dan awal tahun pelajaran
|
5
|
Hari
libur keagamaan
|
Dua
sampai empat minggu
|
Daerah
khusus yang memerlukan libur keagamaan lebih panjang dapat mengaturnya
sendiri tanpa mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran
efektif
|
6
|
Hari
libur umum/nasional
|
Maksimum
dua minggu
|
Disesuaikan
dengan Peraturan Pemerintah
|
7
|
Hari
libur khusus
|
Maksimum satu minggu
|
Untuk
satuan pendidikan sesuai dengan ciri kekhususan masing-masing
|
8
|
Kegiatan
khusus sekolah/madrasah
|
Maksimum
tiga minggu
|
Digunakan
untuk kegiatan yang diprogramkan secara khusus oleh sekolah/madrasah tanpa
mengurangi jumlah minggu efektif belajar dan waktu pembelajaran efektif
|
Adapun langkah-langkah
dalam penyusunan kalender pendidikan,
minimal harus mengindahkan hal-hal sebagai berikut:
1.
Permulaan tahun pelajaran
adalah bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun
berikutnya.
2.
Mengacu
pada kalender pendidikan nasional yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan atau
Kemenag sebagai pedoman dalam menentukan kalender pendidikan pada masing-masing satuan pendidikan
3.
Pemerintah
Pusat/Provinsi/Kabupaten/Kota dapat menetapkan hari libur serentak untuk
satuan-satuan pendidikan.Menentukan
minggu efektif, libur tengah semester, libur antar semester, serta libur
akhir tahun dengan acuan jumlah yang telah ditetapkan
5.
Hari libur sekolah
ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional, dan/atau Menteri
Agama dalam hal yang terkait dengan hari raya keagamaan, Kepala Daerah tingkat
Kabupaten/Kota, dan/atau organisasi penyelenggara pendidikan dapat menetapkan
hari libur khusus
- Menyesuaikan
kalender pendidikan dengan
kondisi hari-hari libur umum maupun agama
- Menentukan
periode efektif pembelajaran dengan mempertimbangkan hari-hari yang akan
tersita untuk kegiatan-kegiatan pengembangan diri, baik ekstrakulikuler
maupun bimbingan dan konseling terpadu
- Menentukan
bobot dan alokasi hari-hari pembelajaran efektif setelah disesuaikan
dengan hari efektif fakultatif (seperti: hari-hari pembelajaran di bulan
Puasa agama Islam) serta hari libur fakultatif (misal: libur awal puasa
dan libur hari raya keagamaan)
- Melakukan rekap kalender pendidikan selama satu tahun penuh, atau dapat pula ditambah kalender pendidikan per semester dan per bulan dengan telah diteliti secara seksama oleh tim perumus kalender pendidikan
- Kalender pendidikan untuk setiap satuan pendidikan disusun oleh masing-masing satuan pendidikan berdsarkan alokasi waktu sebagai mana tersebut pada dokumen Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dengan memperhatikan ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.
Adapun fungsi kalender pendidikan dalam kegiatan pendidikan/
pembelajaran di sekolah yaitu adalah sebagai berikut:
- Mendorong efektivitas dan
efisiensi proses pembelajaran di Sekolah/Madrasah.
- Menyerasikan ketentuan mengenai
hari efektif dan hari libur Sekolah/Madrasah,
- Pedoman dalam menyusun program
kegiatan pembelajaran di Sekolah
- Pedoman bagi guru untuk
menyusun Program Tahunan (Prota),
Promes, serta membuat
silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan satuan acara pembelajaran.
1.2 Kalender Pendidikan Tahun pelajaran
2016/2017
Kalender
pendidikan tahun pelajaran 2016/2017 ini digunakan sebagai acuan dalam
pelaksanaan pembelajaran efektif baik ditingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan
SMK/MAK. Berdasarkan kalender pendidikan tahun pelajaran 2016/2017 ini hari
efektifnya berjumlah 225 hari. Sedangkan jumlah minggu efektifnya sebanyak 35
minggu dalam 2 semester. Kegiatan pembelajaran pada tahun pelajaran 2016/2017
akan dimulai pada Senin, 18 Juli 2016 dan akan berakhir pada hari Sabtu, 17
Juni 2017. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:
Uraian Kegiatan Kalender
Pendidikan Tahun Pelajaran 2016/2017
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
KETERANGAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Permulaan Tahun Pelajaran
|
11 s.d. 16
Juli 2016
|
Masa Orientasi Siswa (MOS)
|
2.
|
Permulaan kegiatan belajar
mengajar TK, SD/MI,
SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB,
SMK
|
18 Juli 2016
|
Dilaksanakan
setelah Masa
Orientasi
|
3.
|
Hari belajar
sekolah Semester I
|
18 Juli s.d. 9 Desember
2016
|
Hari belajar efektif 115 hari
|
4.
|
Kegiatan Tengah semester I
|
19-22 September
2016
|
Diisi kegiatan Porseni, Karya wisata, Lomba
Kreatifitas Pengembangan Bakat dan Prestasi
|
5.
|
Penyerahan Buku
Laporan
Semester I
|
10 Desember
2016
|
Dilaksanakan
pada hari kerja
satu hari sebelum libur semester
|
6.
|
Libur Semester
I
|
11 s.d. 24 Desember
2016
|
14 (empat belas) hari kalender
|
7.
|
Hari belajar
sekolah semester II
|
26 Desember
2016 s.d.
10 Juni 2017
|
Hari belajar efektif 110 hari
|
8.
|
Kegiatan
Tengah semester II
|
20 s.d. 23 Maret
2017
|
Diisi Kegiatan Porseni, Karya
Wisata, Lomba Kreatiftas, Pengembangan Bakat dan
prestasi Siswa
|
9.
|
Penyerahan
Buku Laporan
semester II
|
10 Juni 2017
|
Dilaksanakan
pada hari kerja
dua hari sebelum libur semester
|
10.
|
Libur Semester
II
|
11 s.d. 24
Juni 2017
|
14 (empat belas) hari kalender
|
11.
|
Libur Akhir Tahun
Pelajaran
|
25 Juni s.d. 8
Juli 2017
|
14 (empat
belas) hari
kalender
|
12.
|
Ujian Nasional
- SD/MI, SDLB
- SMP/MTs, SMPLB
- SMA/MA, SMALB,
SMK
- SMK (Komponen Produktif)
|
Antara bulan Maret
dan
Mei 2017
|
UN untuk seluruh jenjang
pendidikan mengacu kepada Kepmendiknas, Keputusan BSNP
dan SK. Dinas Pendidikan Provinsi
Bali serta Kabupaten/Kota
|
13.
|
Sosialisasi Penerimaan Siswa
Baru
|
Awal Juli 2017
|
Mengikuti SK.Kep.Dinas
Pendidikan Pemuda
dan
Olahraga Kab./Kota
|
14.
|
Pendaftaran
Calon Siswa Baru
|
Mei s.d Juli 2017
|
Mengikuti SK. Kepala Dinas
Pendidikan Pemuda
dan
Olahraga Provinsi Bali.
|
15.
|
Pengumuman Penerimaan
Siswa
Baru
|
Minggu pertama dan
kedua bulan Juli 2017
|
|
16.
|
Akhir Tahun Pelajaran 2016/2017
|
9 Juli 2017
|
Akhir Minggu kedua
|
17.
|
Permulaan Tahun Pelajaran
2017/2018
|
10 Juli 2017
|
Awal Minggu ketiga
|
18.
|
Kelebihan jam mengajar
|
Kelebihan hari
belajar efektif
agar dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran dalam
upaya peningkatan mutu pendidikan
|
Perkiraan Jadwal Libur Sekolah dan Kegiatan Ko-Kurikuler Tahun Pelajaran 2016/2017
No.
|
HARI LIBUR & KEGIATAN
|
HARI & TANGGAL
|
1
|
Libur Umum / Nasional :
|
|
- Hari Kemerdekaan RI
|
Rabu, 17 Agustus 2016
|
|
- Hari Idul Adha 1437
H
|
Senin, 12 September 2016
|
|
- Tahun Baru Islam 1438 Hijriyah
|
Minggu, 2 Oktober 2016
|
|
- Maulid Nabi
Muhammad SAW
|
Senin, 12 Desember
2016
|
|
- Hari Natal
|
Minggu, 25 Desember
2016
|
|
- Tahun Baru Masehi
|
Minggu, 1 Januari 2017
|
|
- Tahun Baru Imlek 2568
|
Sabtu, 28 Januari
2017
|
|
- Hari Raya Nyepi
|
Selasa, 28 Maret 2017
|
|
- Hari Wafat Isa Al-Masih (Wafat Yesus
Kristus)
|
Jumat, 14 April 2017
|
|
- Isra' Mi'raj Nabi Muhamad SAW
|
Senin, 24 April 2017
|
|
- Hari Buruh Internasional
|
Senin, 1 Mei
2017
|
|
- Hari Waisak 2561
|
Kamis, 11 Mei 2017
|
|
- Hari Kenaikan Isa Al-Masih
(Kenaikan Yesus Kristus)
|
Kamis, 25 Mei 2017
|
|
- Idul Fitri (1-2 Syawal 1438 H)
|
Minggu-Senin,
25-26 Juni
2017
|
|
2
|
Libur Khusus :
|
|
- Hari Raya Galungan dan Kuningan ke-1
|
Selasa-Sabtu, 6 s.d. 17 September 2016
|
|
Hari Saraswati ke-1
|
Sabtu, 21 Januari 2017
|
|
Hari Pagerwesi ke-1
|
Rabu, 25 Januari 2017
|
|
- Hari Siwa Ratri
|
Kamis - Jumat, 26 - 27
Januari 2017
|
|
- Hari Raya Galungan dan Kuningan ke-2
|
Selasa-Sabtu, 4 s.d. 15 April 2017
|
|
- Hari Pengerupuk
|
Senin, 27 Maret 2017
|
|
- Hari Ngembak Geni
|
Rabu, 29 Maret 2017
|
|
3
|
Kegiatan Ko-Kurikuler
|
|
- Masa Orientasi Siswa (MOS)
|
Senin-Sabtu, 11 - 16 Juli
2016;
|
|
- Kegiatan Tengah Semester I
|
Senin-Kamis,
19 s.d. 22 September 2016
|
|
- Pembagian Raport Semester
I
|
Sabtu, 10 Desember 2016
|
|
- Kegiatan Tengah Semester II
|
Senin-Kamis, 20 s.d
23 Maret 2017
|
|
- Pembagian Raport Semester II
|
Sabtu,10 Juni 2017
|
|
4
|
Libur Semester I
|
Minggu-Sabtu, 11 s.d. 24 Desember 2016
|
5
|
Libur Semester II
|
Minggu-Sabtu, 11 s.d. 24 Juni 2017
|
6
|
Libur Akhir Semester (Akhir
Tahun Pelajaran)
|
Minggu-Sabtu, 25 Juni
s.d. 8 Juli 2017
|



Tahun Pelajaran 2016/2017
No.
|
Semester
|
Bulan
|
Hari
Efektif
|
Hari Ko- Kurikuler
|
HARI LIBUR
|
JUMLAH HARI
|
|||||
Minggu
|
Umum
|
Khusus
|
Semes- ter
|
Akhir
Th.Pel. (Yg lalu)
|
Jumlah Hari Libur
|
||||||
1
|
Juli 2016
|
12
|
6
|
5
|
0
|
0
|
0
|
8
|
13
|
31
|
|
Agustus 2016
|
26
|
0
|
4
|
1
|
0
|
0
|
0
|
5
|
31
|
||
September 2016
|
11
|
4
|
4
|
1
|
10
|
0
|
0
|
15
|
30
|
||
Oktober 2016
|
26
|
0
|
5
|
0
|
0
|
0
|
0
|
5
|
31
|
||
Nopember 2016
|
26
|
0
|
4
|
0
|
0
|
0
|
0
|
4
|
30
|
||
Desember 2016
|
14
|
1
|
4
|
1
|
0
|
11
|
0
|
16
|
31
|
||
JUMLAH :
|
115
|
11
|
26
|
3
|
10
|
11
|
8
|
58
|
184
|
||
2
|
|||||||||||
Januari 2017
|
21
|
0
|
5
|
1
|
4
|
0
|
0
|
10
|
31
|
||
Pebruari 2017
|
24
|
0
|
4
|
0
|
0
|
0
|
0
|
4
|
28
|
||
Maret 2017
|
20
|
4
|
4
|
1
|
2
|
0
|
0
|
7
|
31
|
||
April 2017
|
13
|
0
|
5
|
2
|
10
|
0
|
0
|
17
|
30
|
||
Mei 2017
|
24
|
0
|
4
|
3
|
0
|
0
|
0
|
7
|
31
|
||
Juni 2017
|
8
|
1
|
4
|
1
|
0
|
12
|
4
|
21
|
30
|
||
JUMLAH :
|
110
|
5
|
26
|
8
|
16
|
12
|
4
|
66
|
181
|
||
JUMLAH SEMUA :
|
225
|
16
|
52
|
11
|
26
|
23
|
12
|
124
|
365
|
1.3 Alokasi
Waktu
1.
Perhitungan Alokasi Waktu Tahunan
Dalam
pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang
pengertian tersebut. Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu
satu tahun untuk mencapai tujuan(SK dan KD)yang telah ditetapkan. Penetapan
alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum
seluruhnya dapat dicapai oleh sisiwa. penentuan alokasi waktu ditentukan pada
jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta
keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.
Program
Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi
tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan
oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan
dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester,
mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian
komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan,
mata pelajaran, tahun pelajaran) standar kompetensi ,kompetensi dasar, alokasi
waktu dan keterangan.
Program
Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang
dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah
dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran
karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.
2.
Penghitungan
Alokasi Waktu Semesteran
Program semester ialah program yang berisikan
garis-garis mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam satu
semester. Program semester ini merupakan penjabaran dari program tahunan. Pada
umumnya komponen-komponen program semester ini yaitu: identifikasi (satuan
pendidikan, mata pelajaran, semester, tahun pelajaran), bulan, standar
kompetensi dan materi pokok yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan
dan keterangan-keterangan.
Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk
penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester
itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, kerangka lapangan, mid semester,
ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan.
3.
Penghitungan
Alokasi Waktu Mingguan
Minggu efektif
belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun
pelajaran pada setiap satuan pendidikan.
Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam
pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh
mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan
pengembangan diri.
Waktu libur
adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran
terjadwal pada satuan pendidikan yang dimaksud. Waktu libur dapat berbentuk
jeda tengah semester, jeda antar semester, libur akhir tahun pelajaran, hari
libur keagamaan, hari libur umum termasuk hari-hari besar nasional, dan hari
libur khusus.
4.
Penghitungan
Alokasi Waktu Harian
Hari Efektif (HE) adalah banyaknya hari yang
terdapat dalam kalender pendidikan yang dapat digunakan dalam tatap muka
tersetruktur dalam melakasanakan kegiatan penyampaian materi pembelajaran
dikelas. Cara menghitungnya :
Hari
Keseluruhan (HK) – (Hari Libur + agenda pendidikan yang ditetapkan) = Hari
Efektif (HE)
|
1.6 Pengertian
Program Tahunan
Program adalah sederetan kegiatan
yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Dalam
pengertian program tahunan terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang
pengertian tersebut
(Arikunto,1988).
Wina (2010) berpendapat bahwa program tahunan
adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan
(standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah ditetapkan. Penetapan
alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum
seluruhnya dapat dicapai oleh siswa.
Program tahunan
merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang
dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Program ini perlu
dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun ajaran, karena merupakan
pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, seperti program semester,
program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok
bahasan, yang dalam KBK dikenal modul
(Mulyasa, 2008). Dalam program perencanaan menetapkan alokasi waktu untuk
setiap kompetensi dasar yang harus dicapai, disusun dalam program tahunan.
Dengan demikian, penyusunan program tahunan pada dasarnya adalah menetapkan
jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.
1.7 Langkah-Langkah
Penyusunan Program Tahunan
Langkah-langkah
yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah:
1) Lihat
berapa jam alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dalam seminggu dan
struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah, analisis berapa
minggu efektif dalam satu semester, seperti yang telah ditetapkan dalam gambar
alokasi waktu efektif
2) Melalaui
analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk
pelaksanan proses pembelajaran.
3) Menandai
hari-hari libur, permulaan tahun pelajaran, minggu efektif,belajar, waktu
pembelajaran efektif (per minggu). Hari-hari libur meliputi:
a. Jeda
tengah semester
b. Jeda
antar semester
c. Libur
akhir tahun
pelajaran
d. Hari
libur keagaman
e. Hari
libur umum termasuk hari-hari besar nasional
f. Hari
libur khusus
4) Menghitung
jumlah minggu efektif setiap bulan dan semester dalam satu tahun dan memasukkan
dalam format matrik yang tersedia.
5) Mendistribusikan
alokasi waktu yang disediakan untuk suatu mata pelajaran, pada
setiap KD dan topik bahasannya pada minggu efektif, sesuai ruang
lingkup cakupan materi, tingkat kesulitan dan pentingnya materi tersebut, serta
mempertimbangkan waktu untuk ulangan serta review materi.
1.8 Pengertian
Program Semester
Semester adalah
satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan
yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, praktikum, keraja
lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi
penilaian keberhasilan.
Dalam program
pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk
menyatakan lamanya satu program pendidikan.Masing-masing program semester
sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap
akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus
sudah selesai dilaksanakan dan mahasiswa yang mengambil program tersebut sudah
dapat ditentukan lulus atau tidak.
Program
semester berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan
dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester ini merupakan penjabaran
dari program tahunan
(Mulyasa, 2008). Kalau program tahunan disusun untuk menentukan jumlah jam
yang diperlukan untuk mencapai kompetensi dasar, maka dalam program semester
diarahkan untuk menjawab minggu keberapa atau kapan pembelajaran untuk mencapai
kompetensi dasar itu dilakukan
(Wina, 2010).
Pada umumnya
program semester ini berisikan tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang
direncanakan, dan keterangan-keterangan.
1.9 Langkah-Langkah
Penyusunan Program Semester
a. Memasukkan KD, topik dan sub topik
bahasan dalam format Program Semester
b. Menentukan jumlah jam pada setiap
kolom minggu dan jumlah tatap muka per minggu untuk mata pelajaran
c. Mengalokasikan waktu sesuai
kebutuhan bahasan topik dan sub topik pada kolom minggu dan bulan.
d. Membuat catatan atau keterangan
untuk bagian-bagian yang membutuhkan penjelasan
Daftar
Pustaka
Suharsimi, Arikunto.1988.Penilaian Program Pendidikan..Jakarta: PT. BINA AKSARA
Sanjaya, Wina.2010.Perencanaan dan
Desain Sistem Pembelajaran.Jakarta: Kencana
Mulyasa,E.2008.Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Anonim.
Kalender pendidikan. Dalam:http://www.kalenderpendidikan.com/.
Diakses pada tanggal 5 Mei 2017
Anonim. Pengertian Prota Promes Kaldik dan Fungsinya. Dalam:
http://www.informasiguru.com/2016/10/PengertianProta-Promes-KaldikdanFungsinya.html.
Diakses pada tanggal 5 Mei 2017
Disdikpora. Kalender pendidikan bagi sekolah/ madrasah dalam lingkungan dinas
pendidikan pemuda dan olah raga : Bali
kapan postingnya mbak
BalasHapus